DPS SEBANYAK 89.851 PEMILIH. MASYARAKAT YANG BELUM TERDAFTAR DI DPS SEGERA MELAPORKAN DIRI KE PPS ATAU KPU KABUPATEN BELITUNG TIMUR

Manggar – KPU Belitung Timur telah menetapkan dalam rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Untuk Kabupaten Belitung Timur telah ditetapkan DPS sebanyak 89.851 pemilih, terdiri dari pemilih Laki-laki 45.946 dan pemilih Perempuan 43.905 tersebar di 247 TPS.

DPS ini diumumkan sejak tanggal 19 s/d 28 September 2020 oleh petugas PPS di kelurahan. Masyarakat diharapkan melihat namanya di DPS agar dapat memberikan tanggapan jika nama belum terdaftar, keliru elemen data, dan/atau sudah tidak memenuhi syarat (TMS) karena belum genap berusia 17 tahun pada hari pemungutan suara dan belum kawin; meninggal dunia; menjadi TNI/POLRI; pindah domisili keluar daerah pemilihan.

Komisioner KPU Belitung Timur Divisi Data dan Informasi, Rizky Rinaldi mengatakan, bagi masyarakat yang belum terdaftar namanya di DPS segera melaporkan diri ke PPS di kantor Desa, atau KPU Kabupaten dengan membawa KTP elektronik dan kartu keluarga (KK).

“Mulai 19-28 September 2020 masyarakat bisa melihat dan apabila ada masyarakat belum terdaftar bisa melapor ke PPS dengan membawa KTP elektronik dan KK. KPU melalui PPK/PPS juga akan segera melakukan Uji Publik terhadap DPS dalam waktu dekat diwilayah-wilayah kecamatan atau desa di Belitung Timur” ungkap Rizky, Jumat 18 September 2020.

DPS masih bisa berubah angkanya setelah masa perbaikan. Sehingga masyarakat diharapkan proaktif mengecek namanya dan alamatnya apakah telah benar yang tercantum di DPS.

“Jangan takut kalau tidak ada namanya, karena masih ada masa perbaikan. Bawa identitas KTP elektronik dan KK,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*