Rapat Penataan Dapil dan Simulasi Penghitungan Alokasi Kursi Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur Tahun 2019

KPU Kabupaten Belitung Timur mengadaka Acara Rapat Penataan Dapil dan simulasi Penghitungan Alokasi Kursi Pemilu Anggota DPRD Kabuapten Belitung Timur Tahun 2019. Acara tersebut di adakan di Rm. Fega yang di hadiri oleh Partai Politik,Pemerintah Daerah ,Pokja Wartawan,Knpi,Mui,Sisnet Radio,Darmawanita. Acara ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Belitung Timur,Pirmawan,se.

Ketua KPU menjelaskan Mekanisme kerja dalam penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten/kota dalam Pemilu 2019 berlandaskan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan umum dan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan,program dan Jadawal Penyelenggaraan Pemilu.

Prinsip-prinsip Penataan Dapil dan Alokasi Kursi diantaranya : Kesetaraan nilai suara adalah prinsip yang mengupayakan harga kursi yang setara antar satu dapil dengan dapil lain,Proporsional adalah prinsip yang memperhatikan keseimbangan alokasi kursi antar dapil.Ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional adalah prinsip yang mengutamakan jumlah kursi besar dalam pembentukan dapil ( mengutamakan 6 s.d. 12 kursi ).

Hal-hal yang memungkinkan dilakukan penataan ulang kembali dapil adalah:1. Penataan dapil pada pemilu 2014 tidak memenuhi prinsip-prinsip penataan dapil.2.Kabupaten yang terbentuk pasca penetapan dapil pemilu tahun 2014.3.Kabupaten Induk yang sebagian wilayahnya telah membentuk Kab/Kota baru.4.Kabupaten/kota yang terdapat penambahan atau pengurangan jumlah kecamatan.5, Perubahan jumlah penduduk yang mengakibatkan alokasi kursi dapil menjadi lebih dari 12 atau kurang dari 3.6. Sebab atau alasan lain dengan penjelasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten/kota ditetapkan paling sedikit 20 kursi dan paling banyak 55 kursi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*